Definisi
E-business
Menurut
Steven Alter. Information (2002) dalam bukunya System: Foundation of
E-Business. Yang dimaksud dengan E-business adalah E-business adalah praktek
pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk,
pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan pemenuhan pesanan, dan
penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer,dan data yang
telah terkomputerisasi.
Trend
e-bisnis
Kategori
Trend: Pelanggan
1.
Pelayanan
yang cepat (faster service)
2.
Swalayan
(self-service)
3.
Beragam
pilihan (more products choices)
4.
Solusi
terintegrasi (integrated solutions)
Kategori Trend: e-Service
1.
Penjualan
& layanan (integrated sales & service)
2.
Dukungan
yang tanpa celah (seamless support)
3.
Jasa
pengantaran yang nyaman dan persyaratan yang fleksibel (flexible fullfilment
& convinient service delivery)
4.
Meningkatkan
keterbukaan proses bisnis (increased process visibility)
Kategori
Trend: Organisasi
1.
Pemberdayaan
dari luar atau Alih Daya (outsourcing)
2.
Kontrak
produksi (contract manufacturing)
3.
Distribusi
virtual (virtual distribution)
Kategori
Trend: Tenaga Kerja
1.
Mempekerjakan
yang terbaik (hiring the best and brightest)
2.
Mempertahankan
karyawan berbakat (keeping talented employees)
Kategori
Trend: Teknologi Perusahaan
1.
Aplikasi
perusahaan yang terintegrasi (integrated enterprise applications)
2.
Integrasi
saluran (multichannel integration)
3.
Aplikasi
penghubung (middleware)
Kategori
Trend: Teknologi Umum
1.
Aplikasi
web nirkabel (wireless web applications)
2.
Aplikasi
informasi dan komputer tangan (handheld computing & information appliances)
3.
Konvergensi
infrakstruktur (infrastructure convergence)
4.
Penyedia jasa aplikasi (application service
provider)
Tujuan
E-bisnis
Tujuan
implementasi e-business adalah mendukung efisiensi dan integritas pengolahan
data sumber daya manusia, keuangan, supply chain management / Logistic
management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi
bagi public dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, system ini
dapat diakses di mana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Contoh-contoh
E-bisnis
1. pembelian
barang secara online melalui www.tokopedia.com. Dari proses pemesanan
barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang
tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik.
2. Berdasarkan
jenisnya
a.
Business
to Business (B2B)
-
Paket liburan
-
Kerjasama POS Indonesia dengan jasa
penerbangan baik dalam maupun luar negeri
b.
Business
to Cunsomer (B2C)
-
Pemesanan kamar hotel secara online
-
Pembelian tiket pesawat secara online
-
Pengecek status pengiriman POS Indonesia
dengan internet
Pengertian Customer Relationship
Management (CRM)
Pengertian CRM menurut Lukas (2001:3), adalah
”suatu aktivitas yang melibatkan seluruh sumber daya manusia untuk
mempertahankan pelanggan yang ada; suatu strategi mengelolah dan menjaga
hubungan dengan pelanggan; suatu usaha untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan
pelanggan”.
Tujuan Customer Relationship
Management (CRM)
Dalam penerapannya CRM memiliki beberapa tujuan menurut
Lukas (2001:6), diantaranya :
1.
Mendapatkan
pelanggan
2.
Mengetahui
pelanggan
3.
Mempertahankan
pelanggan yang menguntungkan
4.
Mengembangkan
pelanggan yang menguntungkan
5.
Merubah pelanggan
yang belum menguntungkan menjadi
menguntungkan.
Fase
Customer Relationship Management
CRM terdiri dari fase-fase sebagai berikut: (Kalakota dan Robinson, 2001, p174-175)
CRM terdiri dari fase-fase sebagai berikut: (Kalakota dan Robinson, 2001, p174-175)
1.
Mendapatkan
pelanggan baru (Aquire)
Untuk mendapatkan pelanggan baru dengan cara:
Untuk mendapatkan pelanggan baru dengan cara:
a.
Melakukan
promosi terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan, memberikan kesan
pertama yang baik kepada pelanggan karena akan mempengaruhi penilaian kepada
perusahaan.
b.
Memberikan
kenyamanan pada pelanggan dalam mebeli produk yang mereka butuhkan, misalnya
dengan merespon dengan cepat terhadap keinginan pelanggan juga ketepatan waktu
dalam pengiriman barang pesanan.
Tujuannya adalah menawarkan produk yang baik dengan pelayanan yang memuaskan.
Tujuannya adalah menawarkan produk yang baik dengan pelayanan yang memuaskan.
2.
Meningkatkan
nilai pelanggan (Enhance)
Perusahaan harus menciptakan hubungan yang erat dengan pelanggan dengan cara perusahaan mendengarkan keluhan dan meningkatkan pelayanan. Hubungan dengan pelanggan dapat ditingkatkan dengan cara:
Perusahaan harus menciptakan hubungan yang erat dengan pelanggan dengan cara perusahaan mendengarkan keluhan dan meningkatkan pelayanan. Hubungan dengan pelanggan dapat ditingkatkan dengan cara:
a.
Cross-selling,
sebuah strategi penjualan yang menawarkan barang pelengkap dari barang yang
telah dimilikinya.
b.
Up-selling,
adalah menawarkan barang yang sama tetapi dengan kualitas yang lebih baik.
3.
Mempertahankan
pelanggan yang telah ada (Retain)
a.
Menyediakan
waktu untuk mendengarkan kebutuhan pelanggan, termasuk ketidakpuasan pelanggan
terhadap produk atau pelayanan perusahaan. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk
peningkatan pelayanan.
b.
Memberikan
pelayanan dan aplikasi pendukung yang bermanfaat sehingga hubugan dengan
pelanggan dapat tetap terpelihara.
Referensi
[1]
Dwi M. (2014, 19 April). Tugas Makalah
E-Business. Diperoleh 20 Februari 2015, dari http://ciscorpiomuda.mhs.narotama.ac.id/2014/04/19/tugas-makalah-e-business/
[2]
Elib Unikom. (2008, 24 Agustus). Bab II
Tinjauan Pustaka. Diperoleh 20 Februari 2015, dari http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/323/jbptunikompp-gdl-novalagria-16142-2-babii.doc.
[4] Saiful Rahman.
(2014, 1 Februari). Kerangka E-Business.
Diperoleh 19 Februari 2015, dari http://saifulrahman.lecture.ub.ac.id/files/2014/02/1.-KERANGKA-E-%E2%80%93-BUSINESS.pdf
[5]
Octianaeni. (2013, oktober). Definisi
E-business dan Perbedaannya. Diperoleh 20 Februari 2015, dari http://octianaeni.blogspot.com/2013/10/definisi-e-business-dan-perbedaannya.html
[6]
Abdi Agus Herlambang. (2013, 22 Desember). Jenis
dan Contoh E-Business. Diperoleh 20 Februari 2015, dari http://abdiherlambang9.blogspot.com/2013/12/jenis-dan-contoh-e-business.html
No comments:
Post a Comment